Kafir Pasif

30 August 2021 0 Comments

Waktu kuliah saya kos di rumah satu keluarga di daerah Sagan, Yogya. Waktu pertama kali kenal keluarga ini, saya terkejut luar biasa. Ya, itu karena dulu saya sangat relijius. Sedangkan keluarga yang saya tumpangi itu sangat tidak relijius.

Tentu saja waktu itu pun saya biasa bergaul dengan orang-orang yang tidak peduli dengan agama. Mereka tidak salat, tidak puasa, dan sebagainya. Tapi setidaknya Lebaran masih ikut merayakan. Nah, keluarga tempat saya menumpang ini sama sekali tidak. Lebaran tidak ada kegiatan apapun di rumahnya, persis seperti hari-hari biasa.

Mereka tak pernah peduli pada agama, dalam bentuk apapun. Agama bukan pertimbangan dalam hidup mereka. Panduan tindakan mereka adalah kepatutan dalam masyarakat saja. Tapi saya melihat mereka sebagai orang baik. Ramah, murah hati, dan yang paling penting, tidak resek dengan hidup orang lain. Karena itulah saya merasa nyaman tinggal di rumah mereka. Setelah tidak lagi tinggal di situ pun kami tetap berhubungan. Saya sering berkunjung ke rumah itu saat sedang pergi ke Yogya.

Dalam istilah agama orang seperti ini disebut kafir. Mereka tidak terikat dengan iman mana pun, khususnya dengan iman leluhur atau orang tua mereka. Mereka tidak menganggap hal-hal yang merupakan perintah Tuhan menurut orang beriman sebagai sesuatu yang ditujukan kepada mereka. Bahkan mungkin konsep Tuhan pun tidak ada di benak mereka.

Tapi mereka memilih diam. Tidak menonjolkan ketidakberimanan mereka. Jalani saja hidup sendiri. Bergaul hanya dengan orang-orang sejenis, atau dengan orang relijius yang tidak resek. Alhasil, soal-soal agama jauh dari perbincangan dalam hidup mereka.

Ini jenis kafir yang berbeda dengan kafir agresif seperti Richard Dawkin. Dia aktif melancarkan kritik-kritik terhadap orang beriman. Nah, kafir pasif seperti keluarga induk semang saya ini sebenarnya banyak. Cuma, mereka menghindar dari kerumunan, dan perbincangan yang tidak perlu. Karena itulah mereka tak tampak menonjol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *