Mengapa tak Boleh Menatap Matahari?

Mata kita memiliki keterbatasan. Bila intensitas cahaya terlalu rendah, maka kita tidak bisa melihat. Demikian pula sebaliknya, bila intensitas cahaya terlalu tinggi, kita juga tidak bisa melihat. Batas kemampuan kita melihat digambarkan pada gambar berikut.
batasmata
Matahari adalah sumber cahaya yang sangat kuat, melebihi batas kemampuan mata kita. Karena itu kita tidak bisa melihat matahari secara langsung, kecuali pada saat terbit atau saat terbenam. Pada waktu-waktu lain sinar matahari sangat kuat. Cahaya yang berlebihan hanya akan memberi kita gambaran kabur saja.
 
Tidak hanya itu. Matahari mengandung sinar ultraviolet dan infrared. Keduanya punya daya rusak. Ingatlah pada pengalaman saat kita berjemur terlalu lama, apa yang terjadi? Kulit kita terbakar, atau biasa dikenal dengan istilah sunburn. Itulah yang akan terjadi pada mata kita ketika kita menatap langsung matahari dalam waktu tertentu. Sel-sel pada kornea mata bagian terluar yang transparan akan hancur, seperti terbakarnya kulit kita. Akibatnya akan dirasakan kemudian, kita akan merasakan perih pada mata seperti tergores amplas. Gejala ini disebut photokeratitis.
 
Bila mata dipaksa untuk terus melihat, maka yang berikutnya akan rusak adalah retina, yang merupakan “layar” di dalam mata, di mana bayangan terbentuk, kemudian dikirimkan datanya ke otak. Gejala ini disebut solar retinopathy.
 
Semakin lama kita melihat matahari kerusakan yang ditimbulkannya akan makin parah. Puncaknya adalah kebutaan.
 
Kaca mata hitam adalah filter yang berfungsi sebagai penurun intensitas cahaya. Sebagian cahaya yang lewat pada filter akan diserap, hanya sebagian yang diteruskan. Besar porsi serapan tergantung pada jenis bahan dan ketebalannya. Efek ini sama dengan yang terjadi saat matahari terbit atau tenggelam. Saat itu cahaya matahari merambat melewati lapisan udara yang jauh lebih tebal dibanding dengan saat siang hari, sehingga cahaya yang sampai ke kita lemah saja. Itulah sebabnya kenapa kita bisa melihat matahari pada saat itu. Jadi, kaca mata hitam sebenarnya bukan sekedar untuk bergaya. Ia berfungsi mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke mata, menghindarkan kita dari kesilauan, dan mencegah kerusakan mata. Tapi ingat, dengan kaca mata hitam pun menatap matahari secara langsung tetap tidak dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *