Islam Saya tidak Kaffah

Saya tidak menginginkan khilafah, satu daulah Islam yang menyatukan seluruh umat muslim dalam satu imperium besar. Biarlah umat muslim bernaung di bawah negara bangsa mereka masing-masing, menjadi bagian dari dunia ini. Biarlah mereka hidup berdampingan dan berkompetisi dalam damai.

Saya tidak menginginkan hukum Islam menjadi hukum negara. Biarlah hukum negara disusun bersama oleh setiap komponen bangsa, berdasarkan kebutuhan bersama secar setara.

Saya tidak menginginkan pemimpin yang harus muslim. Biarlah seriap warga negara punya hak yang sama dalam berkontribusi pada pembangunan negara.

Saya pun tak menginginkan pemimpin harus laki-laki. Laki-laki tidak superior terhadap perempuan. Perempuan bukanlah sub-ordinat laki-laki. Keduanya punya posisi yang setara.

Saya tidak menginginkan hak-hak khusus bagi kaum muslim. Setiap warga negara harus mendapatkan hak dan menunaikan kewajiban yang setara.

Saya tidak menginginkan negara mencampuri iman dan ibadah warga negara. Biarlah setiap orang memilih Tuhannya, dan beribadah dengan cara sesuai dengan keyakinannya. Negara harus menjamin kebebasan itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *