Dear Facebook, you are being used to support terrorism

Ada beberapa akun Facebook yang jelas-jelas mendukung terorisme, khususnya serangan ke Sarinah minggu lalu. Pemilik akun terang-terangan menuliskan rasa senangnya atas serangan itu, bergembira atas jatuhnya korban. Postingnya ditanggapi oleh banyak orang yang sejenis dengan dia. Mereka menuliskan kalimat-kalimat kegembiraan atas serangan itu. Salah satunya adalah akun ini Anicute Rohimahulloh.

https://www.facebook.com/anipcute.rohiimahulloh.35?fref=ts&pnref=story

Saya coba laporkan akun ini ke Facebook, tapi sepertinya tak ada tanggapan. Robot-robot Facebook gagal mendeteksi konten dukungan terhadap terorisme. Ironisnya, posting-posting saya yang mengritik posting pendukung terorisme malah terkena sanksi. Saya tidak bisa posting di akun saya sendiri selama 3 hari. Ini posting yang dilaporkan.

 

IMG_4831

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemudian ada lagi posting saya yang dihapus dan dianggap menyalahi aturan, yaitu posting ini. Tulisan ini hanya berisi kritik terhadap sikap mendua sebagian kaum muslim. Mereka tidak sepenuhnya menolak terorisme, melainkan masih menyisakan dukungan. Itu yang saya kritik.

IMG_4834

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Robot-robot Facebook tidak bekerja berdasarkan pemahaman, melainkan berdasar pada algoritma mentah. Basis utamanya hanya laporan. Begitu ada sejumlah orang melapor, Facebook bereaksi. Akibatnya, akun maupun posting pendukung terorisme hidup bebas, sedangkan akun dan posting anti teroris kena sanksi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *