Bersyukur

Bersyukur itu bukan sekedar bersenang hati dengan apa yang kita peroleh dan kita miliki. Kalau kita percaya bahwa apapun yang kita miliki datang dari Tuhan, maka kita juga harus percaya bahwa Tuhan tidak pilih kasih. Kalau kita diberi olehNya, janganlah berpikir bahwa kita adalah tujuan akhir dari pemberian. Tidak.
 
Kita ini hanyalah pengatur distribusi. Pemberian terbesar dari Tuhan kepada kita adalah hak distribusi itu. Bukan materi yang kita terima. Dengan hak itu kita menjadi penerus rahmat Tuhan, menyebarkannya kepada manusia dan alam ciptaan Tuhan.
 
Bukan hanya soal materi dan harta sebenarnya. Bila Tuhan menganugerahi kita dengan kecerdasan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah bertanya, apa yang kita lakukan dengan kecerdasan itu? Sayangnya, banyak di antara kita bahkan tidak sadar bahwa kita diberi kecerdasan. Jangankan memanfaatkannya, menyadarinya pun tidak. Kalau kita tidak sadar bahwa kita diberi nikmat, lalu bagaimana kita akan bersyukur?
 
Demikian pula dengan nikmat-nikmat Tuhan yang lain.
 
Maka, mari kita perhatikan lagi nikmat-nikmat Tuhan yang diberikan pada kita. Berapa banyak yang kita sadari? Berapa banyak yang kita kembangkan? Lalu, berapa banyak yang mendatangkan manfaat bagi orang lain?
 
Sesungguhnya kita sering lalai dalam menyukuri nikmat Tuhan. Kita mengira bahwa sudah cukup bagi kita bila kita sudah bergembira, lalu berterima kasih pada Tuhan. Padahal Tuhan tidak perlu ucapan terima kasih. Lebih penting bagiNya bila kita meniru sifat kasihnya, dengan menebar pula nikmat yang sudah kita terima itu.
 
Sering pula kita menyatakan syukur dengan berhenti. “Aku sudah kaya, maka cukuplah sampai di sini ikhtiarku mencari nikmat Tuhan. Selanjutnya, aku akan beribadah saja.” Oh, saudara. Sesungguhnya pencarianmu pada nikmat Tuhan itu adalah ibadah belaka. Bersyukur bukanlah berhenti, tapi terus mencari, kemudian berbagi.
 
Bersyukur sejatinya merasa kurang. Kurang banyak menebar kasih Tuhan pada sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *