Berbincang dengan Anak tentang Narkoba

Dialog dengan Ghifari, anak kedua saya,  berusia 11 tahun.

+ Ayah, narkotika itu apa?

– Narkotika itu tadinya obat.

+ Obat apa?

– Ini obat yang bisa mempengaruhi saraf manusia, membuat manusia kehilangan fungsi saraf tertentu. Misalnya membuat orang tidak merasakan sakit, atau tertidur kehilangan kesadaran.

+ Untuk apa obat kayak gitu?

– Kalau orang menderita sakit parah, ia diberi obat ini agar tidak merasakan sakit. Atau kalau mau dioperasi juga digunakan obat ini supaya tidak terasa waktu tubuhnya dilukai.

+ Lalu apa bahayanya?

– Obat ini tidak berbahaya kalau dipakai dalam jumlah terbatas. Misalnya orang dioperasi kan hanya sekali, tidak sering. Yang berbahaya itu adalah kalau obat ini disalah gunakan.

+ Salah guna itu apa?

– Penggunaan obat secara salah atau keliru. Tadinya dipakai hanya sekali, tapi ini dipakai terus menerus.

+ Apa jeleknya?

– Pertama, penyalahgunaan menyebabkan ketergantungan. Orang jadi terbiasa pakai obat ini, kalau tidak pakai ia akan merasa tidak nyaman. Jadi dia merasa harus pakai terus. Nah, padahal obat ini merusak saraf dan organ tubuh yang lain. Makin banyak dan lama orang memakainya makin banyak organ tubuhnya yang rusak. Jadi sangat berbahaya.

+ Kalau BNN itu apa? Kok ada Badan Narkotika?

– Karena ada penyalahgunaan obat, ada orang yang memanfaatkannya. Mereka membuat obat ini diam-diam, lalu menjualnya, bukan untuk kesehatan, tapi merusak orang. Tidak hanya obat penghilang sakit, mereka bikin obat yang aneh-aneh.

+ Aneh kayak gimana?

– Ada obat yang bikin orang senang terus, atau merasa lucu terus. Ada obat yang bikin orang merasa badannya ringan. Banyak lagi jenisnya.

+ Kok bisa gitu?

– Tubuh kita ini dikendalikan oleh berbagai macam hormon. Saat kamu merasa senang ada hormon yang bikin senang mengalir di otak kamu, mempengaruhi saraf. Demikian pula saat kamu merasa sedih, lucu, dan lain-lain. Orang-orang itu membuat obat-obat ini dan menjualnya untuk mendapatkan uang. Mereka bahkan mencoba menjualnya ke anak-anak seperti kamu. Nah, BNN itu bertugas mengawasi dan menindak orang-orang jahat ini. Di tangan orang jahat ini narkotika menjadi berlipat-lipat kejahatannya. Obatnya sendiri merusak. Tapi tidak hanya itu. Karena perdagangan obat menghasilkan uang dalam jumlah besar, orang-orang yang menjualnya tidak segan berbuat berbagai macam kejahatan lain untuk bisa terus menjual obat mereka.

+ Ooo, ngeri ya.

– Ya, mengerikan. Makanya jauhilah, jangan coba-coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *