Aokigahara Jukai, Hutan Bunuh Diri

forestAokigahara adalah nama sebuah tempat di kaki Gunung Fuji, bagian utara. Letaknya di Yamanashi Prefecture. Jukai artinya lautan pepohonan, karena kalau dilihat dari puncak Gunung Fuji, tempat ini terlihat seperti laut.

Hutan ini sebenarnya adalah hutan wisata yang indah, dilengkapi dengan tempat berkemah, dan hiking. Hanya saja karena lebatnya hutan, orang bisa tersesat kalau masuk ke sini. Kompas juga sering tidak berfungsi, konon akibat mineral besi yang terkandung di hutan itu.

Sisi lain dari hutan ini adalah ia tempat populer untuk bunuh diri. Dalam setahun setidaknya ada 50 orang bunuh diri di sini. Ada yang gantung diri, atau minum obat dalam dosis tinggi. Tahun 2003 ditemukan 105 mayat di hutan ini, melampaui rekor tahun sebelumnya, 78 mayat. Tahun 2010 ada 200 percobaan bunuh diri, 54 di antaranya terjadi tuntas. Bunuh diri banyak terjadi di ujung bulan fiskal Jepang, yaitu bulan Maret. Sebabnya bisa diduga, kegagalan bisnis atau frustrasi akibat tekanan kerja. Belakangan ini polisi tidak lagi mempublikasikan jumlah kasus bunuh diri untuk membendung popularitas tempat ini sebagai tempat bunuh diri.

Di dalam hutan ini terdapat pita-pita yang diikatkan ke pohon. Konon para pelaku bunuh diri itu ada yang masih gamang. Mereka masuk hutan, berharap bisa kembali dituntun oleh pita-pita tadi. Tapi ada juga yang menjadikan pita itu sebagai penuntun bagi tim SAR agar lebih mudah menemukan mayatnya.

Zaman dulu tempat ini dipakai untuk tempat melakukan ubasute. Di saat kelaparan, kekurangan bahan pangan, orang Jepang membawa orang-orang tua ke sini, untuk dibiarkan mati kelaparan.

Papan peringatan ini adalah usaha untuk menyadarkan orang yang hendak bunuh diri, agar membatalkan niatnya.

“Jiwamu adalah pemberian orang tuamu yang sangat berharga. Cobalah pikirkan kembali orang tua, saudara, dan anak-anak dengan tenang. Jangan bingung sendiri, cobalah berbagi perasaan.”

Beberapa film telah dibuat dengan setting cerita di hutan ini. Di antaranya film The Forest yang kini sedang tayang di bioskop-bioskop.

Berminat untuk berkunjung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *